BlankOn rote dengan monitor LCD 32″

Sudah berulang kali instal BlankOn rote di pc degan layar monitor lcd 32″ bermasalah terus dengan tampilan layarnya, belum ada solusi yang tepat untuk memecahkan masalahnya. Dari nyobain debian, ubuntu, puppylinux, sekarang kembali lagi dengan BlankOn rote. Saya kangen dengan BlankOn walaupun dengan masalah yang bikin pusing, sudah terlanjur cinta.

BlankOn rote pada monitor lcd 32" : ketika pertama kali muncul, layar terlalu kekiri

IMG-20121212-00135

BlankOn rote pada monitor lcd 32" : ketika saya rubah settingan dari 1360x768 ke 1280x768 didisplay setting

x4

BlankOn rote pada monitor lcd 32" : ketika di 'apply' tampilan jadi bergerak tidak menentu

IMG-20121212-00132

Pertama kali install langsung lihat hasilnya seperti ini panik sama pusing, why ???!!! 3x. Saya coba tekan tombol power sebentar, saya tekan lagi tombol powernya langsung masuk jendela login, dengan login yang normal tampilannya juga normal setelah sebelumnya saya rubah ke ukuran 1280×768. Hal ini saya lakukan setiap kali mau ngoprek Rote :(.

Pasti ada cara lain selain tekan tombol power yang lebih manusiawi :P. Mulai selancar di internet, akhrnya dapet juga pencerahan dengan xrandr yang bisa merubah resolusi dengan console dan itu tidak memberikan efek yang tidak menentu pada layar, tidak seperti ketika merubah resolusi dengan GUI ‘display setting’.
pertama lihat urutan resolusi yang ada
xrandr
kedua baru tentuin resolusi yang mau kita pilih
xrandr --output VGA1 --mode 1280x768 <- – – – – resolusi yang saya pilih
lalu enter jangan entar lagi tanpa kedip macem2 pada layar langsung berubah ukuran.

Screenshot from 2012-12-12 21:46:35

testtt

Jadiin script startup xrandr masalahnya sama kedip layarnya tidak berhenti, akhrnya manual lagi aja ketik.
mungkin dari rekan2 ada yang bisa membantu memecahkan masalah ini ?.

maslalah baru lagi muncul ketka saya mau install wine, kebetulan saya nyoba BlankOn rote 64 bits ternyata eh ternyata susahnya minta ampun instal wine 64. tunggu inspirasi lagi sambil gogling mudah2n dapet pencerahan buat nulis nengkene maning ……

Leave a Reply

