Oprek linux Lighthouse pup ( LHP )

Pertamanya liat2 distro Pupy linux dari Slacko puppy, puppy yang kompatibel dengan paket slackware hingga Puppy rasa macOS tapi semua itu masih belum asyik di lihat ( maklum newbie oprekannya baru sebatas lingkungan desktop aja, bukan karena Slacko puppy atau Puppy rasa macOS tidak bagus, hanya karena kami tidak bisa ngopreknya aja … 😀 ). Dari dua turunan Pupy linux tadi ternyata masih banyak turunan dari Pupy linux salah satu diantaranya lighthouse pup yang saat ini menawan pandangan kami.

Sedikit informasi tentang Pupy linux ini termasuk distro linux kecil ( instalernya 130M an ) yang bisa di install ke dalam Flashdisk jadi seperti OS portable yang bisa dipakai di komputer/laptop dimana saja kapan saja . Untuk  lighthouse pup sendiri tidak jauh beda dengan ‘parentnya’ yang saat ini sudah update dengan versi LighthousePup-5.03-G .

Untuk instalasinya ke dalam flashdisk juga tidak serumit yang dibayangkan. Kita hanya perlu software untuk mengekstrak file .iso ke flashdisk dan supaya bisa bootable juga, salah satunya dengan Universal USB Installer dari pendrive linux. Dengan software ini kita bisa ektrak file .iso apapun ke dalam flashdisk. Dalam software ini kita diberi pilihan bermacam-macam distro linux yang mau kita ekstrak, untuk LHP sendiri versi terbarunya belum terdaftar di versi 1.9.4.2 ini. Jangan khawatir walaupun tidak terdaftar di listnya kita masih bisa pilih opsi paling bawah yaitu Try unlisted linux ISO  (old syslinux) atau Try unlisted linux ISO (new syslinux), kita tinggal pilih aja salah satunya untuk file ISOnya kita ‘browse’ dimana file ISO kita letakan. Terus kita pilih letak dari flashdisk di komputer sekalian format juga biar gak ragu-ragu dengan hasil ekstrakan kita lalu klik create tunggu beberapa saat hingga filenya terekstrak semua. selesai…. sekarang flashdisk kita sudah bootable dan menjalankan LHP. 

Langkah berikutnya adalah reboot komputer dan masuk ke bios, setting supaya komputer bootingnnya lewat flashdisk. Pertama booting kita akan disuguhi beberapa pertanyaan, diantaranya keyboard yang akan kita gunakan dan settingan layar komputer kita pilih USA sama automatic aja. Selanjutnya kta ditanya untuk menyimpan settingan yang telah kita buat tadi, pilih no aja langsung kita dibawa ke desktop defaultnya LHP yaitu JWM.

Sekarang kita sudah bisa menikmati LHP. Beberapa penampakan LHP

Dari Lighthouse pup galery
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s